KI - KD Kurikulum kondisi khusus (SMA/MA/SMK)

Kategori: Kurikulum Ditayangkan: Senin, 12 Oktober 2020 Ditulis oleh tim-smakalita

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menerbitkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. Satuan pendidikan dalam kondisi khusus dapat menggunakan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran peserta didik. 

Pelaksanaan kurikulum pada kondisi khusus bertujuan untuk memberikan fleksibilitas bagi satuan pendidikan untuk menentukan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran peserta didik.  Semua jenjang pada setiap satuan pendidikan pada kondisi khusus dalam pelaksanaan pembelajaran dapat: 

  1. Tetap mengacu pada Kurikulum Nasional 
  2. Menggunakan kurikulum pada kondisi khusus
  3. Melakukan penyederhanaan kurikulum secara mandiri

Kurikulum darurat (dalam kondisi khusus) yang disiapkan oleh Kemendikbud merupakan penyederhanaan dari kurikulum nasional. Pada kurikulum tersebut dilakukan pengurangan kompetensi dasar untuk setiap mata pelajaran sehingga guru dan siswa dapat berfokus pada kompetensi esensial dan kompetensi prasyarat untuk kelanjutan pembelajaran di tingkat selanjutnya.

Kemendikbud juga menyediakan modul-modul pembelajaran untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sekolah Dasar (SD) yang diharapkan dapat membantu proses belajar dari rumah dengan mencakup uraian pembelajaran berbasis aktivitas untuk guru, orang tua, dan peserta didik. Dan seperti yang ditegaskan Mendikbud, dari opsi kurikulum yang dipilih, catatannya adalah siswa tidak dibebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusan, dan pelaksanaan kurikulum berlaku sampai akhir tahun ajaran.

Silakan mencermati infografik berikut ini.

Download KI dan KD pada kurikulum kondisi khusus untuk jenjang SMA/MA

- Kepmendikbud Nomor 719/P/2020

- Kelas X

- Kelas XI

- Kelas XII

Unduh Lampiran Kompetensi Inti & kompetensi dasar Berdasarkan Jenjang Dibawah ini.

Selengkapnya: KI - KD Kurikulum kondisi khusus (SMA/MA/SMK)

PJJ dengan 5 M

Kategori: Kurikulum Ditayangkan: Sabtu, 10 Oktober 2020 Ditulis oleh tim-smakalita

Tujuan, Prinsip dan Pendekatan Pembelajaran Jarak Jauh

Bagaimana merancang pembelajaran jarak jauh yang bermakna? Langkah awal yang perlu diperhatikan ialah mengetahui mengapa kita perlu melakukannya. Apa tujuan, prinsip dan pendekatan pembelajaran jarak jauh? Silakan cermati infografis berikut. Anda bisa menulis catatan poin-poin penting yang Anda dapatkan.

   

    

    

    

    

Selengkapnya: PJJ dengan 5 M

Galeri_smakalita

35,10,0,50,1
25,600,60,0,3000,5000,25,800
90,150,1,50,12,30,50,1,70,12,1,50,1,1,1,5000
0,2,1,0,2,40,15,5,2,1,0,20,0,1
Hari Kesaktian Pancasila
Hari Kesaktian Pancasila
kegiatan siswa dalam rangka membantu daerah kekurangan air bersih
Bantuan air bersih
Bantuan air bersih
Kegiatan Upacara Bendera 10-02-2020
Police Goes To School
Police Goes To School
Kegiatan Upacara Bendera
Upacara Bendera
Upacara Bendera
Partisipasi kegiatan pekan belajar di luar kelas
Pekan belajar di luar kelas
Pekan belajar di luar kelas
Partisipasi kegiatan pekan belajar di luar kelas
Pekan belajar di luar kelas
Pekan belajar di luar kelas
Bantuan air bersih
Bantuan air bersih